Posting Terbaru
recent

5 Aplikasi Pembuat Game Android Yang Terpopuler 2015

Game Engine

5 Aplikasi pembuat game android teratas yang terkenal di Indonesia maupun di negara lain. Dari ke lima aplikasi tersebut telah di pakai oleh pengguna pembuat aplikasi maupun game android. Ada banyak game android dan aplikasi android buatan anak bangsa Indonesia yang tidak kalah bagus dengan game buatan luar negeri. Berikut ini adalah rincian aplikasi pembuat game android atau aplikasi android.

  1. Construct 2

  2. Construct 2 merupakan salah satu game engine yang cukup populer dengan teknik drag-and-drop-nya dimana kita tidak perlu memiliki pengalaman memprogram sebelumnya. Game engine ini merupakan game editor berbasis HTML-5 yang cepat dan mudah dipelajari untuk para pemula sehingga Construct 2 menjadi pilihan sempurna bagi orang-orang yang baru masuk ke dunia game development dan ingin membuat game pertama mereka. Construct 2 memiliki 3 jenis lisensi untuk produk mereka, Free Edition, Personal License, dan Business Licence detail tentang perbedaan ketiga jenis lisensi dapat anda lihat di sini. Untuk pertama kali mencoba anda dapat menggunakan Free Edition yang mana telah memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat game yang interaktif. Namun apabila anda ingin lebih serius lagi dalam mengembangkan game, anda bisa membeli personal license seharga Rp. 1.559.900.

  3. Game Salad

  4. Tak mau kalah dengan rivalnya Contruct 2, GameSalad juga merupakan game engine yang menargetkan pengguna yang belum memiliki pengalaman memprogram serta menggunakan sistem drag-and-drop. GameSalad cukup banyak digunakan dengan lebih dari 750.000 pengembang dan 200.000 game telah dirilis. Salah satu fitur favorit pengguna GameSalad adalah Monetizationnya. Fitur ini membolehkan kita sebagai pengembang game untuk memaksimalkan pendapatan melalui game baik menggunakan iklan maupun In-App Purchase.
    Game yang kita buat dengan GameSalad dapat dirilis ke iOS, Android, Tizen, Mac, Windows 8, dan Web (HTML5). GameSalad menyediakan versi gratis untuk pengguna biasa dan PRO untuk $299 pertahun.

  5. Game Maker

  6. Tak jauh berbeda dengan kedua rivalnya Contruct 2 dan GameSalad, GameMaker juga menggunakan sistem drag-and-drop. GameMaker semakin bersinar karena salah satu game best seller dibuat dengan game engine ini, Hotline Miami.
    GameMaker memiliki versi standar maupun professional. Namun sayang versi standar sangat terbatas fitur-fitur yang dimilikinya sehingga apabila anda ingin fitur-fitur yang jauh lebih lengkap anda harus membeli GameMaker professional seharga $99.99 (saat tulisan ini dibuat sedang ada diskon 50%).

  7. Cocos2d-x

  8. Cocos2d-x merupakan game engine yang sedikit berbeda dengan ketiga game engine pertama. Di Cocos2d-x penggunanya dituntut untuk memiliki pengalaman memprogram baik dalam bahasa C++, Lua, maupun JavaScript. Game yang dibuat dengan Cocos2d-x bukanlah game sembarangan. Contra: Evolution dan Zenonia 5: Wheel of Destiny merupakan contoh dua game yang sangat populer dikalangan gamer android.

  9. Unity

  10. Unity tak hanya terkenal dikalangan pengembang game android, namun juga di PC dan beragam konsol seperti PS4, XBOX One, dan Wii U. Banyak game teratas dibuat dengan Unity contohnya saja Crossy Road dan Monument Valley : Forgotten Shores.
Rifki Andrean

Rifki Andrean

Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.