Posting Terbaru
recent

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Dan Komputer (BSOD)

Tampilan BSOD Windows 7
Tampilan BSOD Windows 7

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Dan Komputer (BSOD) sering sekali keluhan ini terjadi bagi user laptop yang mengalaminya. Sesungguhnya itu juga kesalah yang punya yang tidak mengerti akan laptop dan komputer tersebut. Pada saat menjumpai Blue Screen pasti akan mengiranya laptop rusak dan harus ada yang di service. Padahal kalau saja anda tahu, itu karena error yang membuat laptop atau komputer tidak berjalan seperti umumnya.

“Blue Screen Of Death (BSOD)” terjadi karena adanya critical error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan.

Tampilan BSOD Windows 8
Tampilan BSOD Windows 8


Tips Cara Memperbaiki Blue Screen of Death pada Komputer : 


  • Periksa Kondisi Komputer Secara Umum 

Sebelum melakukan troubleshooting lebih lanjut, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi komputer secara umum, diantaranya adalah :
Periksa kebersihan didalam Casing CPU.
Bersihkan debu dan kotoran lainnya bisa denga kuas dan vacuum cleaner, bila perlu siapkan electrical contact cleaner untuk membersihkan Motherboard.
Periksa kondisi suhu tiap-tiap komponen seperti Power Supply ( pastikan fan berputar secara normal), VGA Card dan Heatsink Processor.
Pastikan berbagai komponen (seperti RAM, VGA Card, konektor IDE / SATA, konektor Power Supply, dll) sudah terpasang dengan benar, untuk memastikannya bisa dengan mencabut dan memasangnya kembali. Bila Anda baru saja memasang komponen hardware baru (misal VGA Card), cabut aja dulu dan coba jalankan komputer kali aja peyebab BlueScreen dari kompone tersebut.

  • Gunakan Mode “Safe Mode “ 

Langkah selanjutnya adalah menjalankan Windows dalam Mode "SafeMode" yang merupakan salah satu pilihan pada menu Advance Boot Option Windows XP, yaitu dengan menekan berulang-ulang tombol F8 pada saat sistem akan melakukan startup.
Setelah Windows berhasil masuk ke Safe Mode, lakukan beberapa troubleshooting berikut:
Bersihkan hardisk dari antivirus, mallware & spyware dengan cara menjalankan program virus scanner , misalnya Norman Anti Mallware.
Uninstall Driver yang bermasalah, caranya dengan masuk ke jendela Computer Management klik Device Manager dan carilah komponen yang ada tanda serunya, atau driver komponen yang baru saja diinstall atau diupdate.
Bila perlu uninstall dulu program antivirus yang terpasang, bila kondisi kondisi komputer sudah normal bisa diinstall lagi dan pastikan database engine-ya selalu up to date.
Kita juga bisa menggunakan utility “System Restore” untuk mengembalikan setingan computer ke kondisi sebelumnya.
Caranya klik Start, All Program , Accessories, System Tools, System Restore.

  • Periksa Kondisi Hardisk

Kondisi hardisk yang bad juga bisa mengakibatkan terjadinya BlueScreen, oleh karena itu periksalah kondisi hardisk dengan menjalankan perintah Chekdisk.
Untuk pencegahan ada baiknya kita juga menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecek kondisi hardisk.
Jalankan juga program Defragmentasi untuk memastikan hardisk bekerja secara optimal.

  • Periksa Kondisi Memori / RAM

Periksa kondisi Memori / RAM, pastikan telah terpasang dengan benar, dan jalankan program utuk memeriksa kondisi Memori misalnya “Windows Memory Diagnostic”.

  • Repair Sistem Operasi Windows

Adakalanya BlueScreen terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair pada sistem operasi Windows kesayangan Anda tersebut.

  • Gunakanlah Tools untuk menganalisa 

Penyebab Terjadinya BlueScreen. Carilah Dump File pada hardisk komputer yang mengalami BlueScreen, biasanya di C:\WINDOWS\Minidump lalu copy ke komputer kita dan jalankan aplikasi WhoCrashed atau BlueScreenView yang merupakan program untuk mencari peyebab BlueScreen.

Rifki Andrean

Rifki Andrean

Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.